Kamis, 13 Maret 2014

Obesitas Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Intisari-Online.com – Keputusan untuk melakukan diet bagi kebanyakan wanita adalah keputusan yang paling tepat. Selain alasan untuk membentuk tubuh yang indah, diet juga berdampak pada kesehatan tubuh. Para ahli di New York mengungkapkan hasil penelitian terbaru, wanita yang obesitas lebih berisiko terkena kanker payudara.

“Pasien yang mengalami obesitas sangat berisiko terkena kanker payudara. Meskipun terapi sudah dilakukan dengan benar, kemungkinan kekambuhannya sangat tinggi,” kata Dr. Joseph Sparano, ketua asosiasi onkologi di Motelefiore Medical Center, New York.

Reseptor hormon positif kanker payudara akan berkembang selama peningkatan estrogen dalam tubuh. Sementara pada wanita obesitas, tingkat estrogen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita bertubuh normal. Inilah yang memungkinkan kasus kambuh lebih sering terjadi pada wanita obesitas.

Sparano juga mengatakan lebih banyak pasien obesitas sering mengalami masalah kesehatan yang serius. Seperti penyakit jantung, kolesterol, hipertensi, dll. Kasus-kasus tambahan sering mencegah pasien mendapatkan terapi maksimal.

Obesitas jelas terkait dengan peningkatan risiko, bahkan wanita yang tidak mengalami obesitas namun kelebihan berat badan, juga mengalami peningkatan risiko tersebut, jelas Sparano, seperti dikutip oleh Health Day News.

Penelitian ini juga mengamati dampak dari pengurangan lemak tubuh dan risiko kekambuhan pada kasus kanker payudara. Pada beberapa wanita obesitas, kehilangan lemak tidak berdampak pada penurunan berat badan atau meminimalkan risiko kekambuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar